Monday, March 31, 2008

Mari Merayakan Ulang Tahun BungaMatahari!

Halo teman-teman,
Menyambut ulang tahun BungaMatahari ke 8 tahun ini (19 April), ada beberapa acara yang akan diadakan:

1. Jalan-jalan ke Yogyakarta.
Acara ini merupakan hasil ngobrol-ngobrol larut malam dengan Kinu sepulang dari ulang tahun Apresiasi Sastra. Saking asiknya ngobrol, Kinu sampai ketinggalan kereta pulang ke Yogya. Hehehe....

Di Yogya, agaknya tidak akan ada acara resmi-resmian. Hanya kumpul-kumpul di malam Minggu di tempat yang enak untuk ngobrol ngalor-ngidul, baca puisi spontan atau mungkin genjrang-genjreng. Yang penting senang dan dapat kenalan baru.
Tua-muda, siapa saja, semua bisa ikut. Rombongan dari Jakarta akan berangkat Jumat malam naik kereta. Tiket dan kepastian jam keberangkatan belum jelas. Hahaha...Yang penting niat, soal lain belakangan.

Untuk yang tinggal di Jakarta dan ingin ikut, bisa sms saya di 0816 116 3015. Kami perlu tahu kira-kira berapa orang yang akan pergi.
Teman-teman dari daerah lain (Salatiga? Bali?) yang ingin ikut silahkan mengorganisir diri sendiri.

2. BengkelKata: Sastra Suka-Suka - Tuhkan Ada Hal-hal Yang Belum Selesai!
Acara berbagi ilmu main-main di dunia maya ini rencananya diadakan awal April. Tapi melihat kesibukan orang-orang yang terlibat di dalamnya, agaknya terlalu ambisius kalau dipaksakan. Berarti diundur sesudah Jalan-jalan ke Yogya.

Saya sudah bertemu dengan Yuni, manajer Cafe au Lait di Jalan Cikini Raya (BuMa beberapa kali mengadakan acara di sana), dan dia setuju tempatnya digunakan. Tinggal kepastian jumlah orang, waktu, dan peralatan yang diperlukan (perlu menyewa in focus dan screen-nya).

Sementara itu, mungkin teman-teman bisa menyumbang ide tentang topik apa saja yang bisa dibicarakan?

Ingat, acara ini diadakan untuk berbagi ilmu tentang cara-cara bersastra di internet. Jadi kita ingin tahu, selain mailing list, friendster, multiply, blogspot (dan saudara-saudaranya), firefox, flock, ning, friendfeed, twitter, facebook, apakah ada arena-arena lainnya yang sama menyenangkan atau lebih menantang?

Kalau ada yang merasa mampu dan mau membagi ilmunya, silakan japri Mikael Johani di mikalejohain@yahoo.co.uk (disclaimer: beliau ditunjuk dengan semena-mena tanpa persetujuan terlebih dahulu). Tentu lebih nikmat kalau acaranya tak terstruktur dan lebih terasa seperti ngobrol-ngobrol santai. Tapi tak ada salahnya juga kalau ada yang sukarela jadi salah satu pembagi ilmu.

Semangat (duileh berat amat) yang ingin diangkat dalam acara ini adalah, untuk soal bersastra di internet tak ada kata selesai!

3. KebunKata 'UlangTahun'
Karena sebagian Tukang Kebun dan penggiat BuMa kabur ke Yogyakarta, siapa pun yang merasa anggota BuMa di Jakarta dan kota-kota lainnya bisa mengadakan acara ini. Gampang kok. Kumpulkan aja teman-teman kamu yang cukup narsis dan suka bermain-main kata. Janjian di satu tempat yang nyaman dan tidak bikin kantong jebol, tentukan tanggal dan umumkan! Nggak perlu panitia-panitiaan yang ribet. Yang penting senang!

Seru kan, kalau ulang tahun BungaMatahari bisa dirayakan bersamaan pada tanggal 19 April (hari Sabtu lho!) di beberapa kota sekaligus. Ayo Banda Aceh, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Solo, Salatiga, Surabaya, Manado, Balikpapan, Denpasar, Jayapura, Merauke, dan lain-lain! Kalian pasti bisa membuat acara yang lebih keren dari yang pernah dibuat sebelumnya!

Ayo! Pasti seru! Masa kalah sama otonomi daerah? Hehehehe...

4. T-shirt BungaMatahari
Yang berminat beli, silahkan japri saya di screamingney@gmail.com atau sms di 0816 116 3015. Disain dan detail pembeliannya bisa di lihat di attachment atau klik di sini.

Semua Bisa Berpuisi! Yang Tak Setuju Dengan Ini Juga Tak Apa-Apa...Hahahahaha

Waraney Herald Rawung

Technorati Tags: ,

Thursday, March 27, 2008

dokter muda edophilia mikaela

suster maria menyarungkan doa
di mimbar kuasa pelataran gereja

dokter muda jiwanya semakin tua
sekarang durasi membedah cinta
hanya kuat setengah jam saja

suster maria tak tahu mau mengeluh
kepada siapa, sadar bahwa peluh
yang mengalir di dahinya hanyalah
pemanis buatan untuk air matanya

dokter muda, sebut saja namanya
edophilia mikaela, tenggelam dalam
kerja pulang malam dan disko di luar
lupa bahwa napas yang keluar

dari hidungnya adalah nyawa
suster maria




siang-siang joget di sini.

si tukang copet

oh menyesalnya diriku mengetahuinya pun dong ah
tahu begitu, sudah kuterjang gembok berderet-deret
oh seandainya kau gunakan telegram cintah
pasti sudah ngos-ngosan engkau kupepet

dan sudah kau tuntun si tukang copet
agar tepat sasaran tak meleset.



goyang terus sama ini.

pernapasan buatan

suster saya gemetar lihat kamu sangat cantik
kata dokter muda yang siap menyuntik
dokter kamu kurang ajar nanti saya tampar
kata suster cantik yang berdebar-debar

suster saya sesak napas lihat lehermu yang elok
kata dokter muda yang berisik hidungnya ngorok
dokter kamu penyakitan nanti saya laporkan
kata suster cantik memberikan pernapasan buatan



nyambung terus dari sini.

suster maria

selamat pagi menjelang siang
awas! ada suster maria
gentayangan

tentang revolusi empat-lima
dan perawat cantik
yang mati muda




nyenggol oliviaks di sini, yang nyenggol gue n mikael di sini.

aku ingin run to the hills

san diego hills, aku ingin run to the hills
bruce dickinson dan steve harris
gitar bas yang mengelupas kulitnya
di pangkuan mama dan papa

diiringi lagu rohani yang sudah tercatat
dalam diari, tersimpan dalam kotak terkunci rapat

"...dengar doaku..."
"orang lain kau hampiri, jangan jalan terus.."

santo petrus menggandeng maria ozawa
"dia maha pengampun lagi penyayang"
karena maria magdalene sibuk menjaga sastra
ada gabriel berperisai perak menuntun sherina

"god is a rock star you better remember that baby"

run to the hills, run for your life...*



*dari lirik 'run to the hills* milik 'iron maiden'. lari-lari dari blog mikael di sini.

Monday, March 24, 2008

this morning

a very hot morning

cold water at 5 a.m.

a very hot morning

checking my bags

a very very hot morning

the sun is shining

a very hot morning

breakfast at my brother's house

it was very hot

this morning

sausages, rice, and crackers

suddenly thirty and slightly happy

a really, honestly, hot hot hot morning

a picture of jesus from my brother

what a hot morning

a word from my mom

simply a great morning



i dream of cyborgs

dan peluru-peluru


jenderal-jenderal yang tersisa pulang ke kampung mereka dengan hati menyala
yakin bahwa takdir tentara ada di tangan dewa-dewa yang tak rela melihat damai
akhirnya turun di bumi, tak tahan mencium bau bungamatahari semerbak di ngarai
tak kuat menatap bayi-bayi bau tetek ibunya menganga dengan lidah merah delima

jenderal satu lalu kumpulkan batu, dirikan mezbah dan tunduk kepalanya
"yahwe! di mana darah kafir-kafir yang tercacah di batu perjanjianmu?"
lalu merobek leher perawan yang rela tubuh mulusnya jadi asap gelap
yang mengelus janggut orang-orang tua

jenderal dua menari-nari mengangkat jubahnya dan berseru,
"yahwe! alam semesta yang bergerak adalah amarah adalah tawa,
sanggama yang mutlak adalah penciptaan karunia berkahmu!"
lalu merobek leher perawan yang rela tubuh mulusnya jadi wadah lelap
yang memandu mulut orang-orang tua

jenderal tiga mengangkat pedangnya tinggi ke angkasa dan menebas kepala
semua yang hadir di sana, berbusa mata dan mulutnya bergumam,
"yahwe! kasih yang sejati hanyalah padamu padaku dan pada sesamaku
lalu merobek lehernya yang keriput merindu masa muda

karena engkaulah satu-satunya jalan damai kasih dan keselamatan

dan peluru-peluru hanyalah jerawat di tumpukan daging berurat



lagi-lagi akibat berteman sama MJ di sini.

lalu anumerta

seribu manekin abu-abu
sejuta rambut palsu
setangkup macbookpro
mimpi mimpi di kasur
malam hari

ke laut!
ke laut!
ke laut!

jadi bajak laut

terbang!
terbang!
terbang!

jadi belalang!

tiarap!
tiarap!
tiarap!

jadi anjing kurap!

selaksa dusta di etalase
samudra usia demi ekstase
lebih baik sedot jus elma theana
di tongkrongan tirtayasa

lalu anumerta.



hasil jalan-jalan sama MJ di sini.

Sunday, March 23, 2008

desember ceria

desember ceria
dekat dan hangat
dalam celana

hidup penyair tua!
kumpulkan daun muda!



semua gara-gara MJ

sairin dan lawra

sairin pulang sekolah dengan segudang cita-cita
ingin jadi artis terkenal seperti cincha lawra

tak sadar penyair tua membuntutinya
ngos-ngosan melahap silau
putih kulitnya

siang yang bolong membakar roknya
dan sairin muda lupa pada cincha
saat sekrat bangkai menyumpal
semestanya


gandengan terus sama MJ dan edophilia

erdinger strawberry

menurutku kau lebih berani karena garis luka di dahi itu bukan kosmetik, bukan goresan lipstik. kau lebih kuat karena urat-urat di lenganmu tak pernah menonjol namun selalu merah darah merekah. aku selalu berkompromi dengan mimpiku tentang kau dan pulau itu, tentang siapa yang menang dalam perang tanding kemarin dulu, dan tentang jawaban dari pertanyaan malam-malam erdinger dulu.

kau janji menemaniku saat keramaian di kota ini mencekik saat gairah bertualang merembes di pori-pori saat bis kota yang membuang asapnya di depan hidungku tadi berubah jadi putri duyung berdasi.

sampai kemarin kutunggu kau di teras rumahmu, bermain catur dengan bapak, seperti dalam film-film rano karno yessy gusman. padahal kau lebih suka mira w dan marga t dan kho ping hoo.

ujung pelangi yang kugenggam ini, kenapa meleleh jadi
sundae strawberry?




gandengan dengan oliviaks

sirene?

dengan dansa suka-suka
kita ciptakan polka semesta

dengan poco-poco rocka
kita dendangkan penolak
tua

sirene
atau sairin?




gandengan dengan MJ dengan edophilia

sisa malam itu

fajar di lidahmu
kesat
ujung bulan sabit
sisa malam itu
mengait
di tepi
bibirmu

dan aku
berayun
mencekik mentari
yang terlalu
pagi


gandengan dengan puisi edo wallad

i wear black because of

i wear black because of that
and that
and that
that
this
and you
her
and her
and that
girl over
there

and
whatever
reasons
i could come up
with

coz black
is the new

the new

the new

new

you.



a reply to MJ's post.

Tuesday, March 18, 2008

but i saw a girl fucking a pool table




i was just trying to write

p
o
e
t
r
y

but i saw i girl fucking a pool table
while my friends over there
were celebrating summer
and everything in between

while gods up in the sky
sang spin doctors

oh the singer
and mulan
just go ahead now
jameela!

just go ahead now

and i don't know what the fuck am i doing here
but the fact that i got a family tree

yes i know dear friend
death is upon me

just go ahead now.







-for nights of the living dead-

Monday, March 17, 2008

hormat

suatu hari dengan bangga
aku bersabda:
lebih hormat lihat pengamen
daripada pengemis di jalan!

walau kadang memaksa
setidaknya mereka kerja

sedangkan pengemis
cuma bisa duduk
meringis

sampai satu hari
bapa di surga
menggetok
kepalaku

keras

menampar pipiku
kiri dan kanan

keras

membanting tubuhku
di karang

keras


"apa kau lupa, aku juga benci terhadap mereka yang jumawa?"


keras.


ampun bapa.
cuma kau
yang tahu
segala.




ney
-electricyouthmendadakreligious-


balasan untuk puisi djoko amd di milis BungaMatahari

Sunday, March 16, 2008

berdendang nirvana

dulu waktu aku kecil
aku ingin bermain dengan kata
minta pada ibu tercinta
untuk temani belanja
huruf dan kalimat
di pasar sana

"anak kecil mana ngerti kata?"
bentak tukang parkir tua bangka
yang menghadang becak kami

"belajar menulis dulu, baru boleh angkat dagu!"
kata tukang sapu tua bangka
yang wajahnya penuh tanda baca

"sungkem dulu sama kami, dewa-dewa!"
kata tikus di pojok yang berlagak tuhan allah bapa

aku kaget
aku nangis
aku marah
aku ngompol

"shut the fuck up you wannabees!"
bentak ibu murka melihat anaknya
terkencing-kencing dihina

lalu beliau melompat berputar
dan jurus tendangan angin badainya
menghantam penipu-penipu tua
mengubah mereka jadi makanan cina

aku yang gembira mengusap air mata
selera kanakku timbul lagi, perutku
berdendang nirvana
mataku berbinar
cinta laura

dan sambil sujud syukur
kusantap mereka!




-jawaban buat puisi djoko amd di milis BungaMatahari-

Monday, March 10, 2008

fried rice with edible stinking beans




i'm hungry, she said

to the chinese restaurant, you said


get the waitress, i said

see that picture?

tao ming se's?


no, moron. that one, she said

get your face closer to it, he said

you'll see surfers in bondi beach

screwing and laughing at gods or whatever

i can't see a fuckin thing, she said

that's because you just cut your hair i said




it's probably the beer, the waiter said

or the words on the pool table

perhaps raindrops

on mr. wong's

tops




let's eat, he said

and watch the gods get laid,


i

prayed








-forMarch10,2008-

Wednesday, March 5, 2008

berbalas deadline

sesi ngobrol di multiply dengan oliviaks, pagi-siang-sore hari ini.

beresdeadline

singletku terlalu warnawarni

untuk pergi menari

mereka bertiga berbalut hitam

menyamar rapat dengan kelam

merasa cilik

diajak kabur tiga kakak

berempat ke klab malam

kau bilang ih banyak ayam

aku hanya tertawa

lihat, hampir seluruh kulit terbuka

tidakkah kita juga penjaja

berharap pulang dengan orang lain berdua?

dua butir obat asmamu

segelas besar arak madu

kalian sudah senyumsenyum

aku cuma ademayem

kau banyak cerita

kau dan kau ramah berpeluk kita

kata kalian mabuk hemat

samasama tak punya dokat

bule mabuk ingin berdansa

kita tak mau dipaksapaksa

sial, katamu, musiknya kacau

masa berdansa dengan parau?

merasa jera, jam dua kita pulang

mengantuk. kembali ke ranjang

tinggal jantung cepat berdebar
hingga kesadaran perlahan memudar

oliviaks

*legian, akhir fevrier 2008

blackuniverse wrote on Mar 4

ikutan berputar dong,
sudah lama tak sing along
tentang yang tak terikat dan di angkasa
tentang yang hidup namun tak takut binasa.

clovique wrote today at 9:55 AM

aku mengulurkan tangan
untuk senangsenang bersamamu kawan
demi sesaat tak menjejak bumi
semoga pulang tak jadi mumi

blackuniverse wrote today at 11:32 AM

siapkan saja tikar di bali
di lantai dingin langit hangat api


ada ruang kosong buatku di sana?

clovique wrote today at 12:28 PM

di bali ada kasur angin
dan tikar palembang
lebih nyaman dari tikar dingin
dan tentu lebih lapang

blackuniverse wrote today at 12:57 PM

kalau begitu, kau tunggu saja
begitu terkumpul emas permata
segera aku terbang ke sana!


hahaha!

clovique wrote today at 1:15 PM

dulu katamu jual diri
sekarang bilang emas permata
kalau memang ingin ke bali
uangmu kan banyak datanglah segera

blackuniverse wrote today at 1:41 PM

banyak dari mana?
dari hongkong turun ke blora?
hahahahaha
bali nan jauh di mata
jual diri dimana lagi enaknya?

clovique wrote today at 1:55 PM, edited today at 1:57 PM

yang pasti bukan dari amal
kau kan pi-ar handal
coba ke lucifer
dia kan suka yang seperti wafer
renyah di lidah
meleleh begitu kena ludah


hahaha

blackuniverse wrote today at 2:19 PM

lucifer sudah meleleh
disiram cintamu beibeh
hahahaha


wafer di kantongku patah-patah
lidah di mulutku basah-basah


bibir yang menjaganya meleleh
dijarah bidadari seksi banget deh

clovique wrote today at 2:33 PM

mungkin diremas cinta semu
yang membunuhnya di pantatmu
kadang ia memang terlalu lugu


hahaha


bidadari seksi nan rupawan
itu kan alter egomu kawan
jauh di dalam kau itu perempuan!
:D

blackuniverse wrote today at 2:44 PM

kampret! hahahaha
diremas badai pantai selatan
dikangkangi topai samudera utara
yang indah-indah aku kecanduan
bukan berarti ambil alih kuasamu perempuan!
hehehehe

Technorati Tags: ,