Sunday, March 16, 2008

berdendang nirvana

dulu waktu aku kecil
aku ingin bermain dengan kata
minta pada ibu tercinta
untuk temani belanja
huruf dan kalimat
di pasar sana

"anak kecil mana ngerti kata?"
bentak tukang parkir tua bangka
yang menghadang becak kami

"belajar menulis dulu, baru boleh angkat dagu!"
kata tukang sapu tua bangka
yang wajahnya penuh tanda baca

"sungkem dulu sama kami, dewa-dewa!"
kata tikus di pojok yang berlagak tuhan allah bapa

aku kaget
aku nangis
aku marah
aku ngompol

"shut the fuck up you wannabees!"
bentak ibu murka melihat anaknya
terkencing-kencing dihina

lalu beliau melompat berputar
dan jurus tendangan angin badainya
menghantam penipu-penipu tua
mengubah mereka jadi makanan cina

aku yang gembira mengusap air mata
selera kanakku timbul lagi, perutku
berdendang nirvana
mataku berbinar
cinta laura

dan sambil sujud syukur
kusantap mereka!




-jawaban buat puisi djoko amd di milis BungaMatahari-

No comments: